Jenis Barang yang Terkena Pajak Ekspor

Nyatanya tidak semua produk akan dikenakan biaya saat produsennya sedang menjualnya ke luar negeri. Setidaknya ada empat jenis barang yang terkena pajak ekspor sehingga para pemilik usaha harus memperhatikan hal ini sebelum mereka memasarkannya.

Barang yang Terkena Pajak Ekspor

Jenis Barang yang Terkena Pajak Ekspor

 

Sebenarnya pemerintah membebaskan para produsen untuk melakukan ekspor tanpa harus mengeluarkan pajak saat mengirimnya ke luar negeri. Nyatanya terdapat beberapa komoditas yang masih dikenakan biaya sebelum masuk ke kendaraan angkutan. Berikut ulasannya:

1. Rotan

Rotan merupakan komoditas yang menjadi produk andalan bagi Indonesia. Banyak sekali negara lain akan memesan dalam jumlah tinggi sebagai keperluan industri ataupun lainnya. Hal ini menyebabkan permintaan terhadap barang ini semakin meningkat.

Rotan menjadi salah satu barang yang akan dikenakan pajak pada saat masuk ke kendaraan angkutan. Nilai biaya tersebut bisa dikenakan sebesar 15%. Beberapa produknya ialah terdiri dari rotan asalan, rotan polesan, hati rotan dan juga kulit rotan.

2. Kayu dan Kelapa Sawit

Kayu juga menjadi salah satu barang yang akan dikenakan pajak ekspor selama pengiriman di jasa ekspor atapun lewat pemerintah . Beberapa produknya ialah mencakup veneer, kayu rempah dan juga produk kayu olahan. Indonesia sendiri dengan banyaknya kawasan hutan membuatnya menjadi produsen terbaik komoditas ini.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan kabar bahwa Indonesia merupakan penghasil kayu sawit terbaik. Besaran pajak yang dikenakan dari komoditas ini ialah sebesar 3%. Beberapa produknya mencakup mulai dari tandan buah segar, inti kelapa sawit dan juga CPO (1%)

3. Produk Pasir

Produk pasir biasanya dikenakan sebesar 15%. Angka ini terbilang cukup besar bagi produsen dalam negeri. Biasanya mereka bisa mengirimkan komoditas ini melalui kendaraan laut seperti kapal sehingga memudahkan proses pengiriman.

Beberapa produk yang biasanya dipesan dari negara lain ialah mencakup dari berbagai jenis seperti alam, kwarsa dan silika. Ketiganya merupakan permintaan terbesar oleh negara importir di kawasan Asia.

Itulah tadi empat barang yang terkena pajak ekspor perlu Anda ketahui. Keempatnya tetap dikenakan biaya mengingat bahwa proses pengirimannya memang memerlukan kapasitas pengangkutan dalam jumlah banyak.

News Reporter