10 Makanan Khas Bali Terpopuler

Makanan khas Bali adalah makanan yang seringkali menjadi destinasi wisata kuliner bagi para wisatawan. Baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Tersedia berbagai macam menu makanan dari Bali yang tentunya dapat menjadi makanan favorit bagi Anda. Beberapa di antara dari makanan khas Bali tersebut yaitu sebagai berikut.

10 Makanan Khas Bali Terpopuler

1. Bebak betutu

Makanan ini menjadi salah satu makanan populer di Bali. Makanan ini menggunakan bahan utama bebek yang kemudian dibumbui dan diberi pijatan agar bumbu menyerap dengan sempurna. Setelah itu bebek dibungkus dengan daun pisang lalu dipanggang sehingga menjadi menu khas Bali yang sangat lezat.

2. Babi guling

Menu babi guling tampaknya menjadi menu andalan di Bali. Menu ini sangatlah populer dan banyak orang yang menyukainya. Namun tentunya makanan khas Bali ini bersifat non halal karena menggunakan bahan utama babi yang dimasak dengan cara ditusuk dan dipanggang dengan digulingkan di atas api.

3. Bubur mengguh

Makanan lainnya yang menjadi sorotan di Bali adalah bubur mengguh. Bubur ini seringkali ditemukan pada saat upacara adat. Bubur ini terbuat dari bahan beras yang dimasak dengan menggunakan santan dan ditambah dengan suwiran ayam yang dibumbui.

4. Srombotan

Srombotan terbuat dari berbagai macam sayuran seperti misalnya kacang panjang dan kangkung. Ada pula sayur lainnya seperti kubis dan mentimun dan masih banyak lagi. Makanan ini disajikan dengan diberi bumbu kalas yang terbuatd ari santan dengan dilengkapi berbagai bumbu rempah.

5. Nasi jinggo

Makanan khas Bali yang satu ini merupakan campuran dari nasi putih dengan beraneka macam lauk. Nasi ini juga disajikan dengan menggunakan serundeng dan sambal goreng tempe. Makanan ini sangat murah sehingga dinamakan jinggo yang artinya seribu lima ratus.

6. Lawar

Lawar adalah makanan yang terbuat dari berbagai macam sayuran yang telah direbus. Kemudian sayuran ini dilengkapi dengan kelapa yang telah dipanggang serta daging cincang yang telah diberi bumbu. Anda juga bisa menambahkan beraneka danging seperti daging ayam dan babi atau sapi.

7. Nasi tepeng

Makanan khas Bali selanjutnya yang dibahas kali ini adalah nasi tepeng. Nasi tepeng ini memiliki citarasa khas rempah yang sangat tajam dan tentunya cukup pedas. Nasi ini disajikan dengan berbagai macam sayuran. Penyajian makanan ini adalah dengan menggunakan daun pisang.

8. Sate plecing

Sate plecing juga menjadi salah satu makanan favorit di Bali. Sate ini terbuat dari daging ayam atau babi atau sapi bahkan bisa juga ikan laut. Bumbunya adalah bumbu plecing yang terbuat dari cabai rawit dan tomat serta terasi dan garam sekaligus jeruk limau.

9. Sate lilit

Ada pula sate lilit yang juga populer di Bali. Sate ini terbuat dari daging yang dicampur dengan tepung dan dililitkan pada batang serai lalu dibakar sampai matang. Aromanya sangat harum dan rasanya juga sangat lezat.

10. Tum ayam

Kuliner terakhir dari Bali yang dibahas kali ini adalah tum ayam yang hampir mirip dengan pepes makanan Jawa. Makanan khas Bali ini berupa daging ayam yang dicincang lalu ditambah dengan berbagai macam bumbu rempah dan juga santan lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.
Makanan khas Bali adalah makanan yang memiliki citarasa yang khas sekaligus unik. Oleh sebab itu sebaiknya jangan sampai melewatkannya. Cobalah untuk mampir sejenak dan cicipi lezatnya makanan dari pulau dewata tersebut dan untuk info makanan lainnya di makananoleholeh.com yang membahas seputar makanan khas indonesia.

News Reporter