Metode Pemberian Pupuk pada Tanaman

Metode Pemberian Pupuk pada Tanaman

Pemberian pupuk pada tanaman saat berkebun tentu memiliki tata cara tertentu agar tidak berlebihan atau malah kekurangan, karena hal tersebut tentu efeknya kurang baik bagi tanaman. Bagi Anda yang suka bercocok tanam penting menyimak penjelasan berikut ini.

Metode Pemberian Pupuk pada Tanaman

Pengetahuan ini sangat penting bagi masyarakat pemilik hobi berkebun atau berprofesi sebagai petani, karena berpengaruh pada tingkat kesuburan dan kesehatan tanaman. Berikut beberapa metode pemupukan yang bisa digunakan:

  1. Ditempatkan pada Lubang

Metode pemberin pupuk saat berkebun dilakukan dengan cara sebelumnya harus menggali lubang berkedalaman sekitar 10 cm, yang memiliki jarak dari batang tanaman mencapai 5-10 cm. Selanjutnya pupuk dimasukkan, setelah itu ditutup dengan tanah bekas galian.

  1. Disebar

Cara pengaplikasiannya yakni dengan disebar secara merata pada tanah sehari sebelum masa tanam, selanjutnya ditutupi tanah dengan diinjak-injak, agar dapat meresap dengan baik. Penerapan metode ini biasanya pada kacang-kacangan, padi, atau lainnya yang memiliki jarak terbilang rapat.

  1. Barisan

Pada tanaman tahunan caranya yakni dilakukan dengan melingkarkan pupuk, sedangkan bagi tumbuhan baru menaburkan pupuk di antara larikan tanaman. Anda dapat menggunakan metode tersebut dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • jarak tanaman antara satu dan lainnya cukup jarang, fungsinya yakni untuk memudahkan saat mengaplikasikan pupuk.
  • Digunakan untuk tanah kebun jenis tegalan.
  • penggunaan pupuknya cenderung sedikit, sehingga lebih menguntungkan.
  1. Penyemprotan pada Daun

Dilakukan dengan menggunakan hand sprayer langsung ditujukan pada daun. Sebelum mengaplikasikannya Anda harus melarutkan pupuk tanaman ke dalam air secukupnya. Berikut beberapa informasi penting terkait hal ini:

  • Konsentrasi laruta pupuk tidak boleh berlebihan, idealnya yakni dibuat serendah mungkin agar lebih ramah lingkungan.
  • Pupuk sebaiknya disemprotkan saat matahari sedang terik.
  • Jangan menyemprotkan pupuk saat hujan.

Itulah beberapa metode menaburkan pupuk dalam berkebun yang dapat Anda terapkan di rumah, informasi lainnya bisa didapatkan pada website berkebun.co.id. Tedapat beragam pengetahuan baru yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

 

News Reporter